K1 dan K2

perbedaan K1 dan K2 adalah penggajiannya, K1 dari APBN/APBD sedangkan K2 digaji dari Non APBN/APBD. Berikut ini syarat honorer yang masuk K1 dan K2:
diangkat pejabat yang berwenang,
bekerja di instansi pemerintah,
memiliki masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus.
berusia sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh Iebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006.


ujian tertulis Honorer K2 akan dilaksanakan pada bulan April 2013. Pelaksanaan tesnya akan dibagi dua menjadi:

ujian kompetensi dasar
ujian kompetensi bidang secara tertulis.

Kedua tes kompetensi tersebut akan dilakukan di hari yang sama. Mengenai hasil tes, nantinya akan diolah oleh konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di bulan yang sama dengan pelaksanaan ujian. Sedangkan penyerahan hasil pengolahan ujian kompetensi dasar dan bidang yang ditandatangani oleh konsorsium serta Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) kepada MenPAN&RB akan dilaksanakan pekan ketiga April.


Pembuatan master soal oleh PTN sudah mulai dilakukan. Nantinya master soal dan formulir ujian kompetensi dasar ini akan diserahkan lebih dulu kepada Panselnas. Panselnas yang akan menyerahkan master soal, formulir serta kunci jawaban ujian kompetensi dasar serta bidang kepada instansi untuk digandakan dan didistribusikan ke lokasi tes. Penyerahan ini akan diawasi ICW serta kepolisian.

Supaya tingkat kelulusan ujian tulis meningkat, harus mulai persiapan sejak sekarang. Karena Honorer K2 harus lulus passing grade dengan nilai minimal. Sebagai catatan, skor passing grade kelompok lulusan SMA/sederajat bidang karakteristik pribadi adalah 25, skor intelejensi umun 5, dan skor wawasan kebangsaan 5. Lulusan DII/DII (27,5 – 7,5 – 7,5) serta lulusan SI ke atas (30 – 15 – 10).

Jumlah awal Honorer K2 yang masuk ke BKN adalah 652.458 orang. Jumlah tersebut berdasar data usulan tentang tenaga honorer dari 28 instansi pusat dan 487 instansi daerah. Namun setelah perekaman, jumlah tersebut berkurang menjadi sekitar 570 ribu.

Rencana Jadwal Ujian Tertulis Honorer K2
Minggu pertama April 2013: pelaksanaan Ujian Tulis
Minggu kedua April 2013: Pengelolahan hasil ujian Tulis
Minggu ketiga April 2013; penyerahan hasil ujian tulis ke MenPAN & RB